5 Tips Memilih TV Kabel dan Internet Rumah yang Tepat | Herdandi

Seiring berkembangnya kehidupan manusia. Internet bukanlah barang baru lagi bagi kita. Dikutip dari Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII), sekitar 54.7% warga Indonesia sudah mengakses dan mengenal internet. Jumlah ini tentu akan bertambah seiringnya waktu.

Internet pun seakan menjadi hal wajib bagi kita. Rasanya kita tidak bisa hidup tanpa internet. Khususnya para remaja dan milenialls. Kebanyakan mereka mengakses internet dari smartphone mereka, tapi banyak juga yang mengakses internet di rumah dengan Provider Internet atau ISP (Internet Service Provider) pilihan mereka.

Nah di artikel ini, aku akan memberi tips memilih ISP (Internet Service Provider) atau jasa layanan internet dan layanan TV Kabel. Tentunya dengan artikel ini, aku harap kamu tidak salah memilih layanan ISP dan TV Kabel ya!


Ok disimak Baik-Baik….


1. Perhatikan Kebutuhan Kamu


Pertama-tama, perhatikan dulu untuk apa kamu memakai internet.

Jika kamu memakai internet hanya untuk browsing, membalas email, dan aktivitas ringan lainnya, aku rasa dengan kecepatan 8-10 Mbps sudah cukup.

Jika kamu memakai internet untuk streaming, bermain game, dan aktivitas menengah lainnya, perlu kecepatan yang lebih baik lagi. Misalnya 10-20 Mbps.

Nah, jika kamu tergolong orang yang “Extreme”. Dalam artian, menggunakan internet untuk aktivitas yang membutuhkan unduhan atau unggahan data dalam jumlah besar, seperti streaming film atau video HD (atau bahkan 4K), upload dan download file berukuran besar, dan aktivitas “extreme” lainnya. Tentunya membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi, menurutku sih 20 Mbps ke atas.

Beberapa ISP sebenarnya sudah menggolongkan beberapa tipe pengguna seperti diatas menjadi paket internet yang berbeda. Jadi kamu bisa lebih mudah dalam memilih paket layanan. Apakah untuk Personal, Bisnis, atau Gaming.

Oh iya, data rekomendasi kecepatan internet tersebut dilansir dari Federal Communication Commision Amerika Serikat ya.

Tapi kalau lebih “spesifik”, bisa pakai kalkulator bandwith berikut ini.

Speed Internet
BroadbandNow

2. Perhatikan Pengguna


Nah selain kebutuhan diri sendiri, perhatikan juga orang lain. Ada berapa orang yang tinggal di rumah kamu? Dan mereka menggunakan internet untuk apa saja?

Jika dianalogikan, internet itu seperti air. Jika kamu menggunakan air untuk mandi saja, air akan mengalir deras.

Tapi jika ibu kamu menggunakan air dalam waktu yang sama, untuk mencuci misalnya. Maka air tidak akan sederas sebelumnya.

Lebih banyak orang yang memakai internet, maka akan semakin lambat juga kecepatannya.

Selain itu juga, perhatikan dalam memilih layanan TV kabel. Pilihlah layanan yang paling sesuai. Jangan tergiur dengan paket yang menawarkan kanal TV yang banyak, tapi perhatikan juga kanal TV apa saja yang sesuai untuk keluarga.

Jangan sampai banyak kanal TV tersedia, padahal keluarga menonton yang itu itu saja, kan jadi mumbazir.

3. Perhatikan Daerah Kamu



Nah, untuk kamu yang tidak tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Kamu harus mencari tahu Provider Internet (ISP) mana yang sudah meng-cover daerah kamu.

Untuk sekitar kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Palembang, Bandar Lampung, Batam, Padang, Pekanbaru, saya rasa sudah di-cover banyak ISP, jadi lebih leluasa dalam memilih.

Tapi untuk daerah lainnya, mau tidak mau harus memakai ISP yang tersedia :)

4. Perhatikan Budget kamu


Apakah kamu sanggup menyisihkan 300 ribu sampai 700 ribu per bulan untuk berlangganan internet dan TV kabel?

Untuk kamu yang sudah berpenghasilan, aku rasa bisa lah.

Tapi untuk kamu yang belum berpenghasilan atau mungkin sedang mengembangkan bisnis, kamu bisa menghemat dengan memilih paket paling murah di ISP pilihan kamu.

Aku rasa mengenai biaya dan budget, aku kembalikan kepada diri kamu sendiri. Aku hanya bisa merekomendasikan untuk memilih ISP dengan matang dan baik :)

5. Perhatikan Rievew dan Rekomendasi dari Orang Lain


Setelah kamu memilih beberapa Provider Internet (ISP) yang menurutmu cocok. Saring lagi dengan pendapat dari orang lain.

Pilih ISP yang ratingnya bagus. Kamu bisa meminta pendapat dari keluarga kamu, tetangga, teman, atau cari informasi di internet. Walau tidak benar-benar akurat. Tapi setidaknya kamu bisa mendapat “bayangan” dengan layanan apa yang kamu akan dapatkan nanti.

Jangan sampai nanti setelah berlangganan terdapat banyak masalah, dari internet yang tidak stabil atau kecepatan yang tidak sesuai ekspentasi, dan masalah lainnya.

Mengenai layanan TV Kabel, perhatikan juga apakah kanal tv sesuai dengan paket atau tidak, kualitas videonya bagus atau tidak, jangan sampai saat kamu nonton TV malah banyak semutnya.

Nah kali ini aku merekomendasikan Provider Internet (ISP) yang bernama Groovy



Sekilas tentang Groovy, Groovy sama seperti ISP pada umumnya. Menyediakan layanan internet untuk bisnis dan rumahan, dan juga layanan TV Kabel yang mencakup 45 kanal TV.

Groovy sudah men-cover daerah sekitar JaBoDeTaBek dan Bandung. Berdiri sejak 1996, menjadikan Groovy salah satu ISP yang berpengalaman.

Oh iya, ada yang unik dengan paket internet di Groovy ini.
Jadi kamu bisa memilih paket internet unlimited speed atau unlimited data sesuai kebutuhan kamu. Kamu jadi bebas den ber-internet ria!

Nah ada beberapa level paket internet yang bisa kamu pilih. Dari mulai level 1 (Personal) hingga level 4 (Extreme). Jadi bisa lebih mudah menyesuaikan kebutuhan kamu.


Paket internetnya  mencakup, jaringan fiber optic, Static IP Adress, WI-FI Access point, pajak PPN 10%, dan yang paling penting Customer Service yang  siap 24 jam per hari.


Selain itu juga, jika kamu berlangganan paket "Internet + Free TV" maka kamu akan mendapat pake TV Kabel dengan 45 kanal secara gratis. Lumayan kan?

Oke, sekian artikel saya yang berjudul “ 5 Tips Memilih Layanan TV Kabel dan Internet Rumah”. Semoga bermanfaat untuk kamu, dan jangan sampai salah pilih yaaa

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 Comments

Comments
Anonim
13 Maret 2019 08.09 delete

Kalo Yogya, gak dijangkau groovy ya?

Reply
avatar
13 Maret 2019 22.52 delete

tidak kak, cangkupan areanya jabodetabek dan bandung

Reply
avatar
15 Maret 2019 07.26 delete

Bermanfaat banget artikelnya, terimakasih yaaa

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan sopan, jangan buang waktu sobat untuk "menyampah"

Mengenai Saya

Foto saya
Aku adalah seorang pelajar yang sedang belajar Desai Grafis, Pemrograman, Animasi, dan lainnya. Sering berkhayal sembari mengelus-elus kucing.